Image
By Administrator

Rayakan HPN ke-71, Bagian Kominfo Gelar Syukuran

Jumat, 17 Februari 2017; |  Jam 09:16:50 WIB  |  0 comments

9 Februari 2017 merupakan Hari Pers Nasional (HPN ke-71). Berbeda dengan peringatan HPN sebelumnya, HPN kali ini terasa istimewa bagi wartawan yang biasa meliput di Pemkab Serang

Meja di Ruang Bagian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Serang tertata rapi dengan latar belakang konferensi pers OPD Kabupaten Serang. Meja ini ditutup dengan taplak meja dan pas bunga. Diatas meja tersebut telah disiapkan kue tart dengan angka 71 diatasnya.

Kue Tart tersebut disiapkan oleh Bagian Kominfo untuk memperingati HPN bersama wartawan yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian Kabupaten Serang. Peringatan tersebut merupakan inisiatif dari Bagian Kominfo, khususnya Sub Bagian Kemitraan Media Elektronik dan Media Cetak Setda.

Sejumlah wartawan yang bertugas di Pemkab Serang berkumpul di sana. Mulai dari wartawan media cetak sampai elektronik baik itu televisi maupun online. Dalam peringatan tersebut, turut hadir Wakil Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa yang mewakili Bupati Serang PandjiTirtayasa yang mewakili Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang tak bisa hadir karena sakit. Pandji didampingi Asisten Bidang Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Serang Irawan Noor dan Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kab. Serang Rif’ah Maftuti. Hadir pula Kabag Kominfo Jajuli Mukri.

Dalam acara tersebut juga diserahkan piagam ucapan terimakasih Pemkab Serang kepada insan pers di Lingkungan Pemkab Serang atas dedikasinya dalam melaksanakan tugas kejurnalistikan di Kabupaten Serang.

Wabup Pandji Tirtayasa dalam sambutannya  secara panjang lebar juga menjelaskan soal perkembangan pers nasional sebelum berdirinya PWI pada 4 Februari 1946 yang ditetapkan jadi HPN pertama. Pandji juga memuji perkembangan kerjasama antara pers dan Pemkab Serang yang sudah terjalin dengan baik. Menurut Pandji, Pemkab Serang tak anti kritik asal kritik tersebut disampaikan secara santun dan bernilai membangun. “ Kami tidak alergi kritik, asal kritik tersebut membangun dan disampaikan secara santun, “ ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa Bagian Kominfo akan rutin menggelar ekspos kegiatan OPD Kabupaten  Serang secara rutin minimal sebulan sekali. Ekspos tersebut akan disampaikan langsung oleh Bupati Serang ataupun oleh Kepala Dinas atau Kepala Badan. Ini dilakukan agar kegiatan-kegiatan dapat disebarluaskan ke masyarakat. “ Selama ini kan kesannya kita yang dikejar-kejar oleh wartawan yang mencari berita. Nanti kita yang akan menyediakan berita untuk wartawan, “ katanya.

Sekretaris Pokja Harian Wartawan Harian Kabupaten Serang Sutanto berterima kasih kepada Pemkab Serang atas peringatan HPN yang diinisisasi oleh Bagian Kominfo. Menurut dia selama ini wartwan yang ada di Pokja Wartawan Harian Kabupaten Serang dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya selalu berupaya mengikuti pedoman dari Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999  tentang Pers dan Jurnalistik.

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar