Image
By Administrator

Pemkab Serang Capai Level Tertinggi dalam Penilaian SPIP se-Prov. Banten

Rabu, 15 Maret 2017; |  Jam 15:38:37 WIB  |  0 comments

Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Pemkab Serang mendapatkan penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang telah mencapai level 3 dengan skor 3,11 pada tahun 2016.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dadang Kurnia, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah  di Hotel Jayakarta Bandung tanggal 23 Februari 2017 lalu.

Level 3 merupakan level tertinggi untuk penilaian SPIP terhadap Pemprov Banten dan seluruh Pemkab/Pemkot yang ada di Provinsi Banten. Adapun daerah yang sudah meraih level 3 dilingkup Pemprov Banten adalah Kota Tangsel, Kota Tangerang dan Kabupaten Serang.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Inspektur Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan dan dan Inspektur dari Kota Bandung sebagai perwakilan dari Walikota Bandung yang direncanakan hadir sebelumnya.

Acara tersebut juga dirangkaikan dengan Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara Pemkab Serang dengan BPKP dengan Perwakilan Banten tentang Pengembangan Manajemen Pemerintah Kabupaten Serang.    

Dalam sambutannya, Bupati Serang mengatakan bahwa MoU ini merupakan lanjutan dari MoU yang sudah berlangsung beberapa tahun sebelumnya dan diperlukan adanya pembaharuan penandatanganankesepakatan berkaitan dengan pengembangan manajemen pemerintah daerah yang meliputi :

1. Pengeloaan Keuangan dan Barang Milik Daerah

2. Pengembangan dan penyelenggaraan sistem akuntansi keuangan daerah (SAKD)

3. Penyelenggaraan pengawasan dan peningkatan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP)

4. Pengembangan dan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)

5. Pengembangan dan Penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah daerah yang  meliputi SAKIP, LPPD, LKPD dan LKPJ.

6. Pengembangan Manajemen Pengelolaan BUMD / BLUD

7. Penyelenggaraan Fraud Control Plan (FCP) dan

8. Pembinaan dan Pengawalan Keuangan Desa dan Aset Desa.

Semoga kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Serang dan BPKP dapat terus dilaksanakan.

Setelah mengakhiri sambutan, Bupati Serang disaksikan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan untuk menandatangani MoU tersebut

Tags:  Berita |627|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar