Image
By Administrator

Pemkab Upayakan Kurangi RTLH di Kab. Serang

Kamis, 30 Maret 2017; |  Jam 15:13:11 WIB  |  0 comments

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Serang memberikan sebagian gajinya untuk warga Kabupaten Serang yang tidak mampu. Iuran yang dihimpun oleh Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Serang untuk merehab rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Serang. Iuran itu dilakukan karena anggaran perbaikan untuk RTLH sangat minim. Sementara jumlah RTLH sangat banyak, sekitar 12 Ribu RTLH.

Hal tersebut terungkap saat Pencanangan Rehab RTLH Korpri, Baznas Kabupaten Serang, Pemkab Serang bekerjasama dengan Kodim 0602 / Serang di Desa Barugbug, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang 15 Maret 2017 lalu.

Jumlah RTLH yang dibangun dari dana patungan PNS tersebut  sebanyak 21 unit. Selain PNS yang membantu merehab RTLH, juga Baznas Kabupaten Serang sebanyak 20 unit. Sehingga total RTLH yang dibangun sebanyak 41 unit. Pembangunan RTLH itu berlokasi di Desa Barubug, Cipayung dan Batukuwung , Kecamatan Padarincang.

Dalam pembangunan RTLH itu, Pemkab Serang (Korpri dan Baznas) bekerjasama dengan Kodim 0602 / Serang. Kerjasama ini diharapkan dengan anggaran rehab Rp.22,5 Juta per unit RTLH bisa menghasilkan  RTLH yang berkualitas. Karena tenaga bisa dilakukan secara swadaya dengan mengerahkan gotong royong warga setempat.

Hadir dalam pencanangan tersebut antara lain Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Sekretaris Daerah Kabupaten Serang Lalu Atharussalam Rais, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0602/Serang Mayor Infanteri Alfat Deni Andrian dan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Serang.

“ Ini langka di Indonesia, pembangunan RTLH dibiayai dari iuran PNS, “ kata Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa saat memberikan sambutan.

Menurut Pandji, dengan uang yang terkumpul dari iuran PNS Pemkab Serang per bulan baru mampu merehab 12 rumah per bulan. “ PNS merasa terpanggil untuk membantu sesamanya yang nasibnya tidak seberuntung dengan para PNS.

Ia mengatakan dengan anggaran rehab yang terbatas  yakni Rp.22,5 Juta per unit, dirinya memohon kepada warga setempat untuk membantu bergotong royong dalam pembangunan RTLH tersebut.

“ Mohon warga di bawah koordinasi kades bersama-sama bergotong royong dibawah koordinasi danramil dan babinsa juga. Ia juga mengatakan bahwa bantuan RTLH ini diprioritaskan dulu kepada warga yang rumahnya menjadi rusak akibat banjir beberapa waktu lalu. Kedepan bukan hanya rumah yang tidak layak huni yang diperbaiki, tetapi lingkungan juga akan dibenahi dengan ditambah MCK atau jamban keluarga , jalan lingkungan dengan paving block sehingga lingkungan menjadi nyaman, “ katanya.

Kasdim 0602/Serang Mayor Infanteri Alfat Deni Andrian mengatakan siap membantu memperbaiki RTLH di Kabupaten Serang. Pihaknya mengerahkan sekitar 100 personel dalam rehabilitasi RTLH tersebut. “ Dengan kondisi medan yang sulit bagi kami harus membangkitkan semangat gotong royong warga dan akan dibantu oleh pemuda di sini, ‘ ujarnya. ***

Tags:  Berita |77|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar