Image
By Administrator

PDAM TERUS BERKOMITMEN MELAYANI MASYARAKAT

Selasa, 04 April 2017; |  Jam 11:20:46 WIB  |  0 comments

Pada tanggal 21 maret 2017 PDAM Tirta Albantani Kabupaten Serang melaksanakan focus group discussion (FGD) tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) bertempat di salah satu hotel di Kota Serang. Pada agenda tersebut turut hadir dari BPPSPAM (Bapak M Effendi dan Adi Susetyo), Ketua DPRD Kabupaten Serang (H. Muhsinin, SE), Kabag Bina Program BUMD Kabupaten Serang (H. Ade) pihak swasta serta pihak-pihak yang terkait sarana instalasi air di Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Sebagai Badan Usaha Milik Daerah  (BUMD) yang bergerak pada pelayanan masyarakat dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) FGD ini diharapkan dapat meningkatkan cakupan pelayanan bagi masyarakat di Kabupaten Serang secara menyeluruh. Berdasarkan pada target Rencana Program Jangka Menengah Nasional (RPJMN) khususnya segenap insan PDAM dihadapkan pada target 100 persen akses aman air minum bagi masyarakat pada tahun 2019. (sumber media bulanan perpamsi, 3/2017).

Pada kesempatan tersebut Badan Pendukung Pengendalian Sistem Pengelolaan Air  Minum (BPPSPAM) sebagai wadah dari Perusahaan Daerah Air Minum Se-Indonesia memberikan penjelasan dan batasan-batasan tentang rencana kerjasama pengelolahan air dalam melayani masyarakat secara maksimal serta sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Diantara peraturan tersebut tertuang pada PP No. 121/2015 tentang Pengusahaan Sumber Daya Air (SDA). Pasal 2, (1) Pengusahaan Sumber Daya Air diselenggarakan dengan memperhatikan prinsip a. tidak mengganggu, mengesampingkan, dan meniadakan hak rakyat atas Air; b. perlindungan negara terhadap hak rakyat atas Air; c. kelestarian lingkungan hidup sebagai salah satu hak asasi manusia; d. pengawasan dan pengendalian oleh negara atas Air bersifat mutlak; e. prioritas utama pengusahaan atas Air diberikan kepada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah; dan f. pemberian Izin Pengusahaan Sumber Daya Air dan Izin Pengusahaan Air Tanah kepada usaha swasta dapat dilakukan dengan syarat tertentu dan ketat setelah prinsip sebagaimana dimaksud pada huruf a sampai dengan huruf e dipenuhi dan masih terdapat ketersediaan Air.

Pada peraturan diatas dapat digarisbawahi bahwa PDAM sebagai perusahaan yang bergerak pada pengelolahan air minum dan dibawah naungan pemerintah daerah memiliki peran dan fungsi yang sangat vital. Pengusahaan atas air dibebankan sepenuhnya kepada PDAM secara menyeluruh baik teknis dan administrative, oleh sebab itu PDAM dapat melakukan segala aktifitas tentang pengolahan sumber daya air sesuai dengan kebutuhan masyarakat.  

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mencapai target pelayanan masyarkat di wilayah Kabupaten Serang, yang hingga saat ini baru mencapai 30.979 unit  Sambungan Rumah (SR) atau 12 % dari jumlah penduduk. Capaian tersebut sesungguhnya tidak berbanding lurus dengan usianya yang sudah 40 tahun.  oleh karenanya membutuhkan pemikiran dan kerja keras dan menjemen yang rapih dalam membenahi PDAM lebih professional dan akuntabel.

 Potensi pelayanan PDAM Tirta Albantani wilayah  Kabupaten Serang sangat besar dengan meliputi dunia industri dan masyarakat. Dibawah manajemen  Direktur Utama (Drs. Wahyu Prihantono) yang baru menjabat 6 bulan pada  Tahun 2017, menargetkan  sebanyak 3300 unit  sambungan rumah (SR). target ini akan terus ditingkatkan seiring dengan tuntutan PDAM sebagai pelayan masyarakat dan RPJMN pada 2019  masyarakat dapat mengakses air minum 100 persen

Peluang investasi yang dapat dikerjasamakan dengan PDAM Tirta Albantani adalah keberadaan sector industri yang cukup besar diwilayah serang barat yaitu Kecamatan Bojonegera-Pulo Ampel  dan wilayah Serang Timur Kawasan Cikande, sementara zona pariwisata  di kawasan Anyer- Cinangka kondisinya sangat potensial untuk dikembangkan.  Hingga saat ini kebutuhan air pada sector industri dan pariwisata diwilayah Kabupaten Serang belum bisa terlayani seluruhnya oleh PDAM,  ini menjadi peluang bagi pemerhati air untuk ikut serta mengembangkan pengolahan air di wilayah Kabupaten Serang

Disamping itu dalam meneingkatakan cakupan pelayanan kepada masyarakat dan prinsip kuantitas, kualitas dan kuantitas (K3) PDAM berencana memindahkan IPA  Intake atau membuat embung/tendon untuk menampung air dalam mengantisipasi kabutuhan air pada musim kemarau. Perlu diktehui bahwa ketersediaan air baku PDAM masih tergantung pada irigasi yang berasal dari bendungan irigasi pamarayan sehingga perlu pembaruan baik dalam penyediaan atau membuat SPAM  Regional dalam rangka memberikan solusi pemerataan air baku.   (Sumber PDAM Tirta Albantani)

Tags:  Berita |186|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar