Image
By Administrator

Pemkab Serahkan LKPD Kabupaten Serang Tahun 2016 ke BPK

Rabu, 19 April 2017; |  Jam 16:10:33 WIB  |  0 comments

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah Optimis bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Serang 2016 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) Perwakilan Banten. Pemkab Serang telah berupaya keras memperbaiki dan memenuhi temuan-temuan BPK pada LKPD tahun sebelumnya, yakni LKPD tahun 2015.

“ Insyaallah tidak ada persoalan yang krusial. Kita bereskan catatan-catatan. Mudah-mudahan tidak ada masalah, “kata Tatu usai menyerahkan dokumen LKPD di Kantor BPK RI Perwakilan Banten, Palima pada hari Jumat tanggal 31 Maret 2017.

Tatu menyerahkan dokumen LKPD itu didampingi Wakil Bupati Pandji Tirtayasa dan Sekretaris Daerah Kabupaten Serang Lalu Atharussalam Rais serta didampingi pula kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Fairu Zabadi dan Inspektur Kabupaten Serang.

Dokumen LKPD itu diterima oleh Kepala BPK RI Perwakilan Banten Thomas Ipoeng Anjar Wasita didampingi sejumlah auditor.  Tatu mengatakan bahwa setelah menyerahkan LKPD, pihaknya tinggal  menunggu hasil pemeriksaannya.

Inspektur Kabupaten Serang Rahmat Jaya mengatakan bahwa penyerahan dokumen LKPD itu dilakukan sesuai amanat perundang-undangan yang berlaku. Yakni 3 bulan setelah anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) ditetapkan, wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban pemerintah menyampaikan laporan kepada BPK, “ ujarnya.

Menurut dia, dokumen LKPD ini menjadi bahan untuk diaudit BPK. Hasil audit itu yang nantinya berupa opini yang diberikan kepada pemerintah daerah apakah berupa WTP, wajar dengan pengecualian (WDP) atau disclaimer (tidak mendapat opini).

Kepala BPK RI Perwakilan Banten Thomas Ipoeng Anjar Wasita mengatakan bahwa penyerahan LKPD oleh Pemkab Serang ini merupakan sesi keempat setelah penyerahan LKPD pemerintah daerah lain.

“ Kami dari Kamis telah terima penyerahan LKPD dari Provinsi Banten, Kedua dari Kota Tangerang, kemudian Kabupaten Lebak  dan ini keempat Kabupaten Serang, “ ujarnya. ***

Tags:  Berita |120|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar