Image
By Administrator

Peringatan Hari Pendidikan nasional yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah

Selasa, 05 Mei 2017; |  Jam 11:36:48 WIB  |  0 comments

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) pemerintah kab. Serang merayakan nya dengan acara apel bersama dan di rangkaikan dengan peringatan hari Otonomi Daerah (OTDA)

Dalam apel pagi dari jam 07.30 - 08.30 tersebut Bupati Serang  Hj. Ratu Tatu Chasanah membacakan sambut dari menteri pendidikan yang pada intinya agar kita slalu meningkatkan pelayanan masyarakat utama dalam bidang pendidikan dengan bercermin pada perjuangan para pendahulu kita yang kita nikmati sekarang ini,

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah kembali ke Indonesia. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, tut wuri handayani ("di belakang memberi dorongan"), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Tags:  Berita |115|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar