Image
By Administrator

Penutupan program USAID Prioritas di Hotel Ratu

Rabu, 6 Mei 2017; |  Jam 08:27:21 WIB  |  8 comments

USAID INDONESIA telah mendanai pelaksanaan program PRIORITAS (Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students) yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 23 Oktober 2012. Program USAID PRIORITAS adalah program lima tahun (2012-2017) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar di 93 kabupaten/kota  mitra yang tersebar di 9 provinsi dan juga bekerja sama dengan 16 LPTK Negeri, termasuk provinsi Banten.

Di Provinsi Banten, program ini diluncurkan pada tanggal 4 Desember 2012 oleh Gubernur Banten Rano Karno dan didampingi oleh Direktur USAID Indoensia, Andrew Sisson.  USAID PRIORITAS telah bermitra dengan tujuh kabupaten/kota yakni Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, dan Kota Tangerang. Kemitraan ini melibatkan 94 sekolah dan madrasah mitra dengan penerima manfaat tercatat sebanyak 35.887 siswa, dan 2.257 guru dan tenaga kependidikan lainnya. Untuk mendiseminasikan modul pelatihan kepada non mitra, telah dilaksanakan replikasi pelatihan yang melibatkan  2.584 sekolah, 20.785 guru, 2.756 kepala sekolah dengan anggaran sebesar Rp 2.885.164.000.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan, antara lain memberikan pelatihan kepada guru, kepala sekolah, dan pengawas tentang pembelajaran aktif/kontekstual (PAKEM/CTL), Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), dan mendorong siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca dan budaya baca. Selain itu, melakukan fasilitasi kepada kabupaten/kota mitra dalam melaksanakan kegiatan Penataan dan Pemerataan Guru (PPG) dan penyusunan Pengembangan Keprofesian Guru Berkelanjutan (PKB). Kegiatan kemitraan dengan LPTK meliputi pelatihan untuk dosen LPTK tentang pembelajaran aktif, manajemen sekolah, mengembangkan materi sumber pembelajaran dalam literasi, IPA dan matematika SD dan SMP bagi dosen LPTK, Pelatihan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi dosen dan guru pamong serta mengembangkan sekolah praktik yang baik mitra LPTK.

Penutupan program USAID PRIORITAS di tingkat provinsi Banten sekaligus dilakukan di tingkat Kabupaten Serang dan Kota Cilegon pada hari Jumat, 5 Mei 2017. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Serang hadir memberikan penguatan dan harapan agar praktik baik yang sudah berjalan dapat ditindaklanjuti.  Pertemuan ini mengundang seluruh kepala sekolah mitra program USAID PRIORITAS, pengurus KKG/MGMP, fasilitator daerah, junalis. Selain itu, pertemuan ini juga mengundang Bagian Hukum Pemda, Kepala Bappeda, Kepala BKD, Kepala Dinas Pendidikan, Kabid Dikdas (kasi SD dan Kasi SMP), Kepala LPMP, Kabid PTK,  Kepala Kemenag, Kasi Mependa Kemenag, Kepala UPT Kecamatan mitra dan para kepala sekolah mitra serta perwakilan guru dan siswa.

 

Tags:  Berita |214|

8 komentar pada artikel ini